Pengertian Simulasi dan Komunikasi Digital
Semester 2 :
1. Mesin Pencari Web (Search Engine)
>> Mesin Pencari Web dan Contohnya
>> Penjelajah Web dan Contoh Aplikasinya
2. Komunikasi Daring
>> Pengertian Komunikasi Daring
>> Pengertian Komunikasi Sinkron
>> Pengertian Komunikasi Asinkron
>> Pengertian Email, Manfaat dan Contohnya
>> Materi Intro to Email
>> Materi Basic Search (Search Engine)
>> Pengertian Video Conference dan Contohnya
>> Pembuatan Blog sebagai Media Pembelajaran
3. Kelas Maya (Virtual Class)
>> Kolaboratif Daring
>> Definisi Kelas Maya
>> Manfaat Kelas Maya
>> Tutorial Bergabung ke Kelas Maya Edmodo
>> Video Kelas Maya Edmodo
>> Video Presentasi Kelas Digital Edmodo
4. Presentasi Video
>> Pengertian Presentasi
>> Presentasi Video
>> Video Tutorial Pembelajaran
>> Aplikasi Presentasi Video
>> Aplikasi dan Manfaat Presentasi Video
>> Tutorial Blog sebagai Media Pembelajaran
>> Screencast-O-Matic
>> Active Presenter
>> Corel Video Studio
>> Perangkat Lunak Presentasi Video
5. Simulasi Visual
>> Simulasi Visual, Manfaat, Contoh Aplikasinya
>> Presentasi Pembuatan Bahan Ajar Digital
>> Animasi, Contoh dan Aplikasinya
Hasil Karya :
>> Web Sekolah
>> Karya Video Tutorial
>> Karya Presentasi Video
>> Aplikasi Bel Sekolah
>> Galeri Video Kreatif
>> e-Voting
* Literasi Edukasi Media Pilihan @smkn1pnyk
* Lembar Kerja Siswa
* Evaluasi Pembelajaran
- Simdig singkatan dari Simulasi dan Komunikasi Digital. Simulasi dan Komunikasi Digital atau Simdig adalah salah satu mata pelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sesuai pada Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Nomor 130/D/KEP/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan.
- Simulasi dan Komunikasi Digital adalah suatu proses peniruan dalam bentuk visual yang dideskripsikan menyerupai kata, gambar dan grafis. analitik. Teknik simulasi merupakan metode kuantitatif yang menggambarkan perilaku suatu sistem.
- Simulasi Digital dalam pembelajaran merupakan pembelajaran dengan menggunakan perangkat teknologi melalui pengembangan bahan ajar berbasis digital atau web. untuk mewujudkannya perlu pemahaman mengenai bagaimana menampilkan atau menggabungkan audio atau video menjadi sebuah tampilan yang menarik.
Silabus Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital
Silabus Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital ini diterapkan berdasarkan Kurikulum 2013 versi 2017
Dalam mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital ini diantaranya membahas :
Semester 1 :
1. Algoritma
>> Algoritma dan Contohnya
>> Flowchart dan Simbolnya
>> Pseudocode dan Contohnya
2. Peta Konsep atau Peta Minda
>> Pengertian Peta Konsep atau Peta Minda
>> Peta Minda
>> Peta Konsep
>> Aplikasi Peta Minda (Mindmup)
3. Pengelolaan Informasi
>> Pengertian Mengetik 10 Jari
>> Jenis-jenis Keyboard pada Komputer
>> Cara Mengukur Kecepatan Mengetik
>> Aplikasi Latihan Mengetik
>> Perangkat Keras Komputer
>> Mouse
>> Keyboard
>> Monitor
>> Klasifikasi Perangkat lUnak
>> Media Penyimpanan
>> Pengolah Database
>> Pengolah Video
>> Pengertian Jaringan Komputer
>> Pengertian Internet
>> Pemrograman CSS
4. Pengolah Kata
>> Pengertian Pengolah Kata
>> Latihan Aplikasi Pengolah Kata
>> Pengertian Aplikasi Pengolah Kata
>> Fungsi Pengolah Kata dan latihannya
>> Fungsi Shortcut Keyboard Microsoft Word
>> Contoh Aplikasi Pengolah Kata
>> Manfaat / Fungsi Pengolah Kata
>> Tutorial Praktik Pengolah Kata
5. Pengolah Angka
>> Pengolah Angka (Spreadsheet)
>> Latihan Aplikasi Pengolah Angka
>> Manfaat Pengolah Angka
>> Formula / Rumus dalam Excel
>> Formula / Rumus SUM dalam Excel
>> Countifs dan Tutorialnya
>> Data Validation dan Tutorialnya
>> Conditional Formating dan Tutorialnya
>> Filter - Sort dan Tutorial
>> Tutorial Praktik Pengolah Angka
6. Pengolah Presentasi
>> Pengolah Presentasi dan Contoh Aplikasinya
>> Membuat Slide Presentasi
>> Teknik Presentasi yang baik
7. Buku Digital
>> Pengertian Buku Digital dan Fungsinya
>> Macam-macam Fomat Buku Digital
>> Langkah-langkah Membuat Buku Digital
>> Pemrograman HTML
8. Kewargaan Digital
>> Pengertian Warga Digital
>> Komponen Warga Digital
>> Pengertian Internet Safety (Internet Sehat)
>> Etika Berkomunikasi di Media Sosial
>> Tips Internet Sehat, Aman dan Nyaman
>> Virus Komputer, dan Cara Pencegahannya
>> Pengertian dan Simbol Creative Commons
>> Pengertian Cyberbully / Intimidasi dunia maya
1. Algoritma
>> Algoritma dan Contohnya
>> Flowchart dan Simbolnya
>> Pseudocode dan Contohnya
2. Peta Konsep atau Peta Minda
>> Pengertian Peta Konsep atau Peta Minda
>> Peta Minda
>> Peta Konsep
>> Aplikasi Peta Minda (Mindmup)
3. Pengelolaan Informasi
>> Pengertian Mengetik 10 Jari
>> Jenis-jenis Keyboard pada Komputer
>> Cara Mengukur Kecepatan Mengetik
>> Aplikasi Latihan Mengetik
>> Perangkat Keras Komputer
>> Mouse
>> Keyboard
>> Monitor
>> Klasifikasi Perangkat lUnak
>> Media Penyimpanan
>> Pengolah Database
>> Pengolah Video
>> Pengertian Jaringan Komputer
>> Pengertian Internet
>> Pemrograman CSS
4. Pengolah Kata
>> Pengertian Pengolah Kata
>> Latihan Aplikasi Pengolah Kata
>> Pengertian Aplikasi Pengolah Kata
>> Fungsi Pengolah Kata dan latihannya
>> Fungsi Shortcut Keyboard Microsoft Word
>> Contoh Aplikasi Pengolah Kata
>> Manfaat / Fungsi Pengolah Kata
>> Tutorial Praktik Pengolah Kata
5. Pengolah Angka
>> Pengolah Angka (Spreadsheet)
>> Latihan Aplikasi Pengolah Angka
>> Manfaat Pengolah Angka
>> Formula / Rumus dalam Excel
>> Formula / Rumus SUM dalam Excel
>> Countifs dan Tutorialnya
>> Data Validation dan Tutorialnya
>> Conditional Formating dan Tutorialnya
>> Filter - Sort dan Tutorial
>> Tutorial Praktik Pengolah Angka
6. Pengolah Presentasi
>> Pengolah Presentasi dan Contoh Aplikasinya
>> Membuat Slide Presentasi
>> Teknik Presentasi yang baik
7. Buku Digital
>> Pengertian Buku Digital dan Fungsinya
>> Macam-macam Fomat Buku Digital
>> Langkah-langkah Membuat Buku Digital
>> Pemrograman HTML
8. Kewargaan Digital
>> Pengertian Warga Digital
>> Komponen Warga Digital
>> Pengertian Internet Safety (Internet Sehat)
>> Etika Berkomunikasi di Media Sosial
>> Tips Internet Sehat, Aman dan Nyaman
>> Virus Komputer, dan Cara Pencegahannya
>> Pengertian dan Simbol Creative Commons
>> Pengertian Cyberbully / Intimidasi dunia maya
Semester 2 :
1. Mesin Pencari Web (Search Engine)
>> Mesin Pencari Web dan Contohnya
>> Penjelajah Web dan Contoh Aplikasinya
2. Komunikasi Daring
>> Pengertian Komunikasi Daring
>> Pengertian Komunikasi Sinkron
>> Pengertian Komunikasi Asinkron
>> Pengertian Email, Manfaat dan Contohnya
>> Materi Intro to Email
>> Materi Basic Search (Search Engine)
>> Pengertian Video Conference dan Contohnya
>> Pembuatan Blog sebagai Media Pembelajaran
3. Kelas Maya (Virtual Class)
>> Kolaboratif Daring
>> Definisi Kelas Maya
>> Manfaat Kelas Maya
>> Tutorial Bergabung ke Kelas Maya Edmodo
>> Video Kelas Maya Edmodo
>> Video Presentasi Kelas Digital Edmodo
4. Presentasi Video
>> Pengertian Presentasi
>> Presentasi Video
>> Video Tutorial Pembelajaran
>> Aplikasi Presentasi Video
>> Aplikasi dan Manfaat Presentasi Video
>> Tutorial Blog sebagai Media Pembelajaran
>> Screencast-O-Matic
>> Active Presenter
>> Corel Video Studio
>> Perangkat Lunak Presentasi Video
5. Simulasi Visual
>> Simulasi Visual, Manfaat, Contoh Aplikasinya
>> Presentasi Pembuatan Bahan Ajar Digital
>> Animasi, Contoh dan Aplikasinya
Hasil Karya :
>> Web Sekolah
>> Karya Video Tutorial
>> Karya Presentasi Video
>> Aplikasi Bel Sekolah
>> Galeri Video Kreatif
>> e-Voting
* Literasi Edukasi Media Pilihan @smkn1pnyk
* Lembar Kerja Siswa
* Evaluasi Pembelajaran
- - - - - -
- Sumber :
- * https://seamolec.org/simdig
- * https://id.scribd.com/document/354482257/PENGERTIAN-SIMULASI-DAN-KOMUNIKASI-DIGITAL-docx
- * http://simulasidigital-muchamadekisa.blogspot.com/2017/10/pengertian-simulasi-digital-dalam.html
1 komentar:
Terima kasih atas kunjungannya ke blog ini.... dan komentarnya....
Posting Komentar