SMKN 11 Garut...., Mantap (Mandiri, Terampil dan Profesional)

Selamat Datang...., di Blog Media Belajar Daring dan Tutorial - Muchamad Eki S. A. .......



Selamat Datang di Blog
SMK Negeri 11 Garut

SMK Negeri 11 Garut..., Mantap (Mandiri, Terampil dan Profesional)


Jl. Purwabakti No. 24, RT 01 / RW 07, Cisewu, Kec. Cisewu 44166
Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat 45459

<<<     Untuk Materi Belajar Daring dan Tutorial     >>>



Pengertian Microsoft Access dan Fungsinya


Pengertian Microsoft Access

  • Microsoft Access adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. 
  • Microsoft Access adalah aplikasi yang berguna untuk membuat, mengolah, dan mengelola basis data atau lebih dikenal dengan database.Database adalah kumpulan arsip data berbentuk tabel yang saling berkaitan untuk menghasilkan informasi.Data digunakan sebagai masukan yang akan diolah menjadi informasi.
  • Microsoft Access adalah suatu program aplikasi basis data komputer relasional yang digunakan untuk merancang, membuat dan mengolah berbagai jenis data dengan kapasitas yang besar.Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Versi terakhir adalah Microsoft Office Access 2007 yang termasuk ke dalam Microsoft Office System 2007.
  • Microsoft Access adalah sistem manajemen basis data (DBMS) dari Microsoft yang menggabungkan Microsoft Jet Database Engine relasional dengan antarmuka pengguna grafis dan alat pengembangan perangkat lunak.



Sumber Gambar :




Microsoft Access menyimpan data dalam formatnya sendiri berdasarkan pada Access Jet Database Engine. Itu juga dapat mengimpor atau menautkan langsung ke data yang disimpan dalam aplikasi dan database lain.

Pengembang perangkat lunak, arsitek data, dan pengguna listrik dapat menggunakan Microsoft Access untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi. Access juga dapat digunakan sebagai sebuah basis data untuk aplikasi Web dasar yang disimpan di dalam server yang menjalankan Microsoft Internet Information Services (IIS) dan menggunakan Microsoft Active Server Pages (ASP).

Salah satu keunggulan Microsoft Access dilihat dari perspektif programmer adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Language (SQL); query dapat dilihat dan disunting sebagai statemen-statemen SQL, dan statemen SQL dapat digunakan secara langsung di dalam Macro dan VBA Module untuk secara langsung memanipulasi tabel data dalam Access.

Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek. 

Fungsi Microsoft Access :

  • Untuk keperluan bisnis. Microsoft Access adalah program yang dapat digunakan untuk bisnis. Jika Anda memulai bisnis, Anda tentu sering bekerja dengan database. Misalnya, Anda ingin membuat data laporan keuangan bisnis. Akan jauh lebih mudah dan lebih baik dengan Microsoft Access.
  • Untuk keperluan sekolah. Jika Anda seorang mahasiswa administrasi atau statistik, Anda tentu sering menggunakan basis data. Selain itu, database juga sering digunakan para guru untuk membuat jadwal. Jadwal termasuk untuk semua guru dan untuk siswa setiap kelas. Karena itu, baik guru dan siswa sering menggunakan database dalam kegiatan sehari-hari di sekolah. Ini juga sangat berguna bagi mereka yang bekerja di perpustakaan di sekolah. Access dapat memudahkan Anda untuk membuat, mengedit, dan memelihara basis data.
  • Untuk keperluan kantor. Untuk kantor, ada banyak posisi orang yang sering bekerja dengan database. Sebagai contoh adalah sekretaris dan perencana keuangan. Namun, beberapa posisi lain mungkin juga berfungsi sebagai basis data. Itu sebabnya Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan Microsoft Access. Dengan Microsoft Access, semua orang akan lebih mudah bekerja dengan basis data.
  • Untuk Programmer. Pemrogram juga sering bekerja dengan database. Itu sebabnya mereka juga membutuhkan Microsoft Access. Microsoft Access sangat berguna bagi programmer untuk memudahkan aktivitas mereka terkait pemrograman. Itu sebabnya jika Anda seorang programmer, Anda harus tahu cara menggunakan program Microsoft Access.
  • Untuk membuat program aplikasi persediaan barang
  • Untuk membuat program aplikasi gaji pegawai.
  • dan lain-lain.




- - - - -
Sumber : 
https://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Access
https://ronafaroni1234.wordpress.com/2016/01/19/pengertian-microsoft-access/
https://hot.liputan6.com/read/4048505/fungsi-microsoft-access-yang-penting-untuk-mengelola-data
http://simulasidigital-muchamadekisa.blogspot.com/2019/12/pengertian-microsoft-access-dan.html




Share:

7 komentar:

AGUNG NURCAHYO mengatakan...

bagus pak menu untuk dashboardnya, ijin untuk ikut belajar, mohon juga utk kometar diblog pemula saya nggih

Muchamad Eki S. A. mengatakan...

Terima kasih telah berkenan untuk berkomentar.... semoga artikelnya bermanfaat...

Sodiq Permana mengatakan...

progam database kurang umum di sekolah pak, sering kita hanya menggunakan excel aja. menurut bapak apa sih keungulan acces dai excel..?

Muchamad Eki S. A. mengatakan...

Access mempunyai keunggulan dalam manajemen pengelolaan data... sehingga data yang saling berhubungan dapat dimudahkan dengan access....

Oki Siwi mengatakan...

Adakah pengetahuan dasar atau prasyarat yang harus dimiliki siswa sebelum belajar access?

Amaliah mengatakan...

Sangat menarik materi ms access ini..kadang membuka program tsb tapi kurang faham maksud n kegunaannya.terimakasih ilmunya..

aMustilan mengatakan...

Mau coba buat 1 aplikasi full pakai ms. access

Profil SMKN 11 Garut (2023)


<<= Profil SMKN 11 Garut (2023) =>>

AJAP - - - - IID - KIJB 2023

<<= Kualitas Inovasi AJAP =>>
<<= Aplikasi Jadwal Pelajaran =>>

Masker Kain Anti Virus - IID 2022

<<= Masker Kain Anti Virus =>>

Aplikasi Bel Sekolah - IID 2022 | KIJB 2022

<<= Aplikasi Bel Sekolah =>>

Aplikasi Bel Sekolah - IID 2022 | KIJB 2022

<<= Aplikasi Bel Sekolah =>>

Membuat Iklan Layanan Masyarakat


<<= Membuat Iklan Layanan Masyarakat =>>

Postingan Populer

Label

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Recent Posts