SMKN 11 Garut...., Mantap (Mandiri, Terampil dan Profesional)

Selamat Datang...., di Blog Media Belajar Daring dan Tutorial - Muchamad Eki S. A. .......



Selamat Datang di Blog
SMK Negeri 11 Garut

SMK Negeri 11 Garut..., Mantap (Mandiri, Terampil dan Profesional)


Jl. Purwabakti No. 24, RT 01 / RW 07, Cisewu, Kec. Cisewu 44166
Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat 45459

<<<     Untuk Materi Belajar Daring dan Tutorial     >>>



Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)


Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak 

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL, atau dalam bahasa Inggris: Software Engineering atau SE) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

Istilah Reakayasa Perangkat Lunak (RPL) secara umum disepakati sebagai terjemahan dari istilah Software engineering. Istilah Software Engineering mulai dipopulerkan pada tahun 1968 pada software engineering Conference yang diselenggarakan oleh NATO. Sebagian orang mengartikan RPL hanya sebatas pada bagaimana membuat program komputer. Padahal ada perbedaan yang mendasar antara perangkat lunak (software) dan program komputer.

Perangkat lunak adalah seluruh perintah yang digunakan untuk memproses informasi. Perangkat lunak dapat berupa program atau prosedur. Program adalah kumpulan perintah yang dimengerti oleh komputer sedangkan prosedur adalah perintah yang dibutuhkan oleh pengguna dalam memproses informasi (O’Brien, 1999).






Sumber Gambar : 






Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, disain, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. Dari pengertian ini jelaslah bahwa RPL tidak hanya berhubungan dengan cara pembuatan program komputer. Pernyataan ”semua aspek produksi” pada pengertian di atas, mempunyai arti semua hal yang berhubungan dengan proses produksi seperti manajemen proyek, penentuan personil, anggaran biaya, metode, jadwal, kualitas sampai dengan pelatihan pengguna merupakan bagian dari RPL.

IEEE Computer Society mendefinisikan rekayasa perangkat lunak sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak, serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan engineering atas perangkat lunak.
Rekayasa Perangkat Lunak adalah pengubahan perangkat lunak itu sendiri guna mengembangkan, memelihara, dan membangun kembali dengan menggunakan prinsip rekayasa untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja lebih efisien dan efektif untuk pengguna.






Sumber Gambar :











Kriteria dan Pentingnya RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)

Dalam melakukan rekayasa perangkat lunak, anda membutuhkan beberapa kriteria yang terdiri atas:
  • Perangkat lunak harus dapat terus dirawat dan dipelihara (maintainability).
  • Perangkat lunak yang dikembangkan harus dapat mengikuti perkembangan teknologi terbaru (dependability).
  • Perangkat lunak yang direkayasa harus dapat mengikuti keinginan pengguna (robust).
  • Perangkat lunak harus direkayasa agar efektif dan efisien dalam menggunakan energi dalam penggunaannya.
  • Perangkat lunak yang direkayasa harus dapat memenuhi kebutuhan sesuai keinginan awal pengembangan perangkat lunak (usability).
  • Kebutuhan untuk meminimalkan biaya produksi suatu perangkat lunak.


Di dalam ilmu teknologi informasi, proses rekayasa perangkat lunak ini sangat penting. RPL penting untuk dilakukan karena:
  • Kebutuhan untuk menghasilkan perangkat lunak yang memiliki kinerja yang tinggi dan handal.
  • Kebutuhan untuk mengerjakan proyek pembuatan dan pengembangan perangkat lunak yang terstruktur dan tepat waktu.
  • Kebutuhan untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat beoperasi pada berbagai platform.
  • Kebutuhan untuk menghasilkan perangkat lunak yang dapat mengikuti perkembangan kemajuan teknologi informasi.
  • Kebutuhan untuk meminimalkan biaya perawatan suatu perangkat lunak.



Materi RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)


Ketika mempelajari RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), anda akan dihadapkan pada berbagai macam materi pembelajaran. Materi-materi rekayasa perangkat lunak yang akan anda pelajari adalah:
  • Software quality. Materi ini akan membahas mengenai hal-hal yang dapat menentukan kualitas dari perangkat lunak yang akan dikembangkan.
  • Requirement engineering. Materi ini berhubungan dengan teknik kebutuhan perangkat lunak. Anda akan mempelajari bagaimana cara menentukan hal-hal yang dibutuhkan oleh perangkat lunak yang akan dikembangkan.
  • Project management. Materi ini akan membahas mengenai manajemen suatu proyek yang akan mengembangkan perangkat lunak. Anda akan mendapatkan materi seputar stakeholder yang harus ada di dalam proyek pengembangan perangkat lunak dan tugasnya masing-masing. Anda juga akan belajar menyusun milestone proyek dan timeline dari suatu proyek.
  • Software testing. Materi ini akan membahas metode-metode yang dapat dilakukan untuk pengujian suatu perangkat lunak. Anda juga akan belajar alasan pentingnya dilakukan pengujian terhadap perangkat lunak.
  • Software quality assurance. Hal-hal yang akan menjadi penjamin mutu suatu perangkat lunak akan dibahas di materi ini.
  • Distributed software engineering. Materi ini akan membahas tentang pengembangan perangkat lunak terdistribusi. Anda akan membahas jenis-jenis perangkat lunak terdistibusi dan pengembangannya.
  • Software maintenance. Materi ini berhubungan dengan alasan dilakukan perawatan pada perangkat lunak. Materi ini juga berisikan hal-hal yang harus anda perhatikan ketika merawat suatu perangkat lunak.
  • Software design and modeling. Di materi ini anda akan belajar tentang model-model perancangan yang bisa digunakan dalam merancang perangkat lunak. Anda juga akan belajar diagram-diagram untuk memodelkan perangkat lunak.






Ruang Lingkup Materi RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)


Secara umum, anda dapat merangkum materi rekayasa perangkat lunak ke dalam beberapa ruang lingkup ilmu. Berikut ini ruang lingkup RPL secara umum:

  • Software requirement yang berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan perangkat lunak yang akan dikembangkan dan persyaratan dalam pengembangan tersebut.
  • Software design yang mencakup keseluruhan proses perancangan arsitektur, komponen, interface (antar muka), database, dan komponen lainnya yang harus ada di dalam perangkat lunak.
  • Software cinstruction yang berhubungan dengan penerapan perancangan yang sudah dilakukan hingga menjadi suatu perangkat lunak sesungguhnya. Materi ini mencakup proses peng-codingan perangkat lunak, pemasukan algoritma ke dalam perangkat lunak, serta pengujian sub-sub perangkat lunak.
  • Software testing yang meliputi pengujian keseluruhan perangkat lunak yang sudah jadi. Setelah melalui proses construction dan terbentuk perangkat lunak yang utuh, maka perangkat lunak akan melalui tahapan pengujian dengan berbagai metode pengujian yang sudah ditetapkan. Pengujian ini juga termasuk proses implementasi perangkat lunak kepada user yang dituju.
  • Software maintanance yang mencakup upaya-upaya yang dilakukan untuk merawat perangkat lunak yang sudah digunakan oleh user.
  • Software configuration management yang berhubungan dengan proses-proses perubahan konfigurasi perangkat lunak yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Hal ini dilakukan setelah perangkat lunak diimplementasikan, namun ternyata ada fitur baru yang ingin ditambahkan mengikuti perkembangan dan kebutuhan pengguna.
Ketika anda mempelajari RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), anda juga akan dihadapkan pada kemampuan dalam menguasai bidang ilmu lainnya. RPL memang sangat terikat dengan bidang ilmu di luar IT.

Anda akan berhubungan dengan bidang ilmu akutansi, finansial, pemasaran, ekonomi, analisis bisnis, manajemen sumber daya manusia, dan analisis kebijakan. Anda juga membutuhkan ilmu di bidang matematika, seperti kalkulus, peluang, dan statistik yang dibutuhkan sepanjang proses pengembangan perangkat lunak.

Proses rekayasa perangkat lunak akan membahas semua aspek produksi suatu perangkat lunak mulai dari tahap awal. Semua aspek produksi inilah yang membuat anda membutuhkan ilmu-ilmu dari berbagai bidang di luar bidang IT.




SMK Jurusan RPL


RPL SMK mungkin akan sedikit berbeda dengan jurusan RPL di universitas. Akan tetapi, sebagian besar materi akan mengajarkan hal yang sama. Ketika anda tamat dari jurusan RPL, baik dari RPL SMK atau RPL di universitas, ada banyak bidang pekerjaan yang dapat anda lakukan. Beberapa bidang pekerjaan yang sesuai dengan lulusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) adalah:: 
  • Database Administrator, Ketika anda bekerja sebagai database administrator, anda perlu menganalisa database yang ada di suatu perusahaan. Anda akan diminta mengubah data mentah menjadi ke format database sehingga lebih mudah dipelajari. Data-data perusahaan, seperti persediaan, penagihan, gaji karyawan, dan pendapatan akan dimanajemen oleh database administrator.  
  • Website Developer, Anda yang memiliki ilmu di bidang pengembangan perangkat lunak juga dapat menjadi website developer. Anda bisa mengembangkan website yang efektif dan efisien untuk suatu perusahaan. Anda juga bisa menganalisa kebutuhan suatu website agar dapat menjadi penunjang dalam kebutuhan bisnis.
  • Software Developer, Sebagai seorang software developer, anda bisa mengembangkan aplikasi yang user-friendly dan efisien untuk menunjang kinerja karyawan di suatu perusahaan. Anda juga bisa mengajarkan kepada user cara-cara menggunakan suatu perangkat lunak di dalam instansi tempat anda bekerja. Anda juga dapat memimpin suatu proyek pengembangan perangkat lunak dengan beberapa stakeholder.
  • Business Intelligence, Business Intelligence merupakan pekerjaan yang menggabungkan Rekayasa Perangkat Lunak dan Data Science. Anda yang bekerja di bidang ini akan mengembangkan perangkat lunak berdasarkan data-data yang dimiliki. Data-data yang dimiliki merupakan informasi untuk membuat perangkat lunak menjadi lebih baik dalam mendukung kebutuhan bisnis dari perusahaan anda.
  • Network Administrator, Jika anda memiliki ilmu di bidang rekayasa perangkat lunak, anda juga dapat bekerja di bidang jaringan. Anda dapat merancang jaringan komputer agar efektif dan efisien bagi suatu instansi. Anda juga dapat merancang biaya dan jenis jaringan yang sebaiknya diterapkan.










Kesimpulan


Sebagai salah satu cabang ilmu di bidang teknologi informasi, pengetahuan di bidang RPL sangat diperlukan. Bagi anda yang bermimpi untuk berkarir di bidang pengembangan perangkat lunak, RPL dapat menjadi salah satu jurusan yang tepat. 

Dengan masuk ke jurusan RPL, anda akan mempelajari semua seluk-beluk pengembangan perangkat lunak. Anda dapat mengembangkan perangkat lunak dari yang paling sederhana hingga yang memiliki susunan sangat kompleks. 

Akan tetapi, pastikan anda memanfaatkan ilmu yang anda miliki dengan sebaik mungkin. Jangan menggunakan ilmu RPL untuk mengembangkan perangkat lunak yang bisa membahayakan kehidupan orang banyak.

Bukankah suatu ilmu berkembang untuk memudahkan kehidupan manusia?




Share:

Tidak ada komentar:

Profil SMKN 11 Garut (2023)


<<= Profil SMKN 11 Garut (2023) =>>

AJAP - - - - IID - KIJB 2023

<<= Kualitas Inovasi AJAP =>>
<<= Aplikasi Jadwal Pelajaran =>>

Masker Kain Anti Virus - IID 2022

<<= Masker Kain Anti Virus =>>

Aplikasi Bel Sekolah - IID 2022 | KIJB 2022

<<= Aplikasi Bel Sekolah =>>

Aplikasi Bel Sekolah - IID 2022 | KIJB 2022

<<= Aplikasi Bel Sekolah =>>

Membuat Iklan Layanan Masyarakat


<<= Membuat Iklan Layanan Masyarakat =>>

Postingan Populer

Label

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Recent Posts