SMKN 11 Garut...., Mantap (Mandiri, Terampil dan Profesional)

Selamat Datang...., di Blog Media Belajar Daring dan Tutorial - Muchamad Eki S. A. .......



Selamat Datang di Blog
SMK Negeri 11 Garut

SMK Negeri 11 Garut..., Mantap (Mandiri, Terampil dan Profesional)


Jl. Purwabakti No. 24, RT 01 / RW 07, Cisewu, Kec. Cisewu 44166
Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat 45459

<<<     Untuk Materi Belajar Daring dan Tutorial     >>>



Komunikasi Daring dan Jenisnya

Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) dan Jenisnya - Sebagai makhluk sosial, manusia tidak akan lepas dari komunikasi dengan sesama. Tidak akan ada manusia yang dapat hidup tanpa terjadinya komunikasi. Seiring dengan perkembangan teknologi, bentuk komunikasi pun ikut berubah.

Setelah anda membaca artikel ini, maka kalian akan mengetahui tentang pengertian komunikasi, mengetahui jenis-jenis komunikasi, memahami pengertian komunikasi dalam jaringan atau daring dan jenisnya.




1. Pengertian Komunikasi
Apa itu komunikasi? Para ahli (Effendy, Handoko dan Robbin) memaknai komunikasi dengan beberapa definisi antara lain.
  • Menurut Effendy, Komunikasi adalah proses penyampaian pikiran atau perasaan oleh seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang-lambang yang mempunyai arti bagi kedua pihak.
  • Menurut Handoko, Komunikasi adalah proses pemindahan pengertian dalam bentuk gagasan, informasi, dari seseorang ke orang lain.
  • Menurut Robbins, Komunikasi adalah pentransferan makna di antara anggota kelompok. Lewat pentrasferan makna, informasi dan gagasan dapat dihantarkan. Tetapi komunikasi bukan hanya sekedar menanamkan makna tetapi juga harus dapat dipahami.


2. Fungsi Komunikasi
Komunikasi memiliki beberapa fungsi, diantaranya sebagai berikut;
a. Sebagai informasi
b. Sebagai kendali
c. Sebagai motivasi
d. Sebagai pengungkapan emosional
- - -
a. Sebagai informasi
Dengan adanya komunikasi dapat membantu membantu proses penyampaian informasi yang diperlukan seseorang untuk mengambil keputusan dengan meneruskan data dan menilai pilihan-pilihan alternatif.

b. Sebagai kendali
Komunikasi berfungsi juga untuk mengendalikan perilaku anggota dalam beberapa cara, setiap organisasi memiliki hak wewenang dan garis panduan formal yang harus dipatuhi oleh karyawan.

c. Sebagai motivasi
Selain berfungsi sebagai informasi dan kendali, komunikasi juga turut membantu berkembangnya motivasi dengan menjelaskan kepada para karyawan apa yang harus dilakukan bagaimana mereka bekerja baik dan apa yang dapat dikerjakan untuk memperbaiki kinerja jika itu di bawah standar.

d. Sebagai pengungkapan emosional
Bagi sebagian komunitas atau kelompok, mereka memerlukan interaksi sosial, komunikasi yang terjadi di dalam komunita merupakan cara anggota untuk menunjukkan kekecewaan dan rasa puas.

Oleh karena itu, komunikasi menyiarkan ungkapan emosional dari perasaan dan sebagai alat untuk memenuhi kebutuhan sosial.



3. Jenis Komunikasi
Setidaknya ada dua jenis komunikasi yang kita kenal saat ini, yaitu komunikasi lisan (verbal) dan komunikasi nirkata (nonverbal).

a. Komunikasi lisan atau verbal, adalah komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan kata-kata, baik hal itu diucapkan atau tertulis.

b. Komunikasi nirkata atau nonverbal, adalah komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan bahasa tubuh, bahasa gerak atau isyarat (gesture), atau gambar.

Berbekal pengetahuan jenis komunikasi diatas, maka dapat kita pahami bersama bahwa komunikasi adalah perbuatan mentransfer pesan atau informasi dari satu tempat ke tempat lain, baik secara lisan atau tertulis (menggunakan media digital seperti buku, majalah, laman, atau surel), maupun secara nirkata (menggunakan bahasa tubuh, gerak isyarat (gesture), serta tekanan atau tinggi nada suara).

Kemampuan seseorang berkomunikasi dapat diukur dari seberapa akurat informasi yang dikirim oleh pengirim informasi dapat diterima oleh si penerima informasi dan sebaliknya. Hal tersebut juga menjadi acuan seberapa pandai kita berkomunikasi.



4. Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)
Apa itu komunikasi dalam jaringan? Komunikasi dalam jaringan (disingkat daring) menurut Warschauer, M. 2001 pp. 207-212 mengacu kepada membaca menullis dan berkomunikasi melalui jaringan computer (jarkom).

Pengertian Komunikasi Daring :
  • Komunikasi Daring merupakan komunikasi yang terjadi secara daring (online).
  • Komunikasi Daring adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan Internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu tersebut lazim disebut komunikasi di dunia maya atau cyberspace.
Salah satu kelebihan dari komunikasi daring adalah dapat dilakukan di mana pun dan kapan pun. Salah satu bentuk komunikasi daring adalah pada penggunaan Internet. Internet menjadi salah satu cara media komunikasi yang sangat efektif dan efisien.


Jenis Komunikasi Daring, antara lain :
  1. Komunikasi Sinkron, Komunikasi Sinkron merupakan komunikasi yang dilaksanakan secara langsung pada waktu yang sama. Contoh : chat, video call, video conference
  2. Komunikasi Asinkron, Komunikasi Sinkron merupakan komunikasi yang dilaksanakan secara tidak langsung pada waktu yang berbeda. Contoh : email, blog.




- - - - -
TUGAS :
Buatlah kesimpulan materi diatas pada Form berikut ini :







- - - - -




Share:

Tidak ada komentar:

Profil SMKN 11 Garut (2023)


<<= Profil SMKN 11 Garut (2023) =>>

AJAP - - - - IID - KIJB 2023

<<= Kualitas Inovasi AJAP =>>
<<= Aplikasi Jadwal Pelajaran =>>

Masker Kain Anti Virus - IID 2022

<<= Masker Kain Anti Virus =>>

Aplikasi Bel Sekolah - IID 2022 | KIJB 2022

<<= Aplikasi Bel Sekolah =>>

Aplikasi Bel Sekolah - IID 2022 | KIJB 2022

<<= Aplikasi Bel Sekolah =>>

Membuat Iklan Layanan Masyarakat


<<= Membuat Iklan Layanan Masyarakat =>>

Postingan Populer

Label

Arsip Blog

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Recent Posts