SMKN 11 Garut...., Mantap (Mandiri, Terampil dan Profesional)

Selamat Datang...., di Blog Media Belajar Daring dan Tutorial - Muchamad Eki S. A. .......



Selamat Datang di Blog
SMK Negeri 11 Garut

SMK Negeri 11 Garut..., Mantap (Mandiri, Terampil dan Profesional)


Jl. Purwabakti No. 24, RT 01 / RW 07, Cisewu, Kec. Cisewu 44166
Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat 45459

<<<     Untuk Materi Belajar Daring dan Tutorial     >>>



Etika Berkomunikasi di Media Sosial

Etika Berkomunikasi di Media Sosial

Dalam berkomunikasi di media sosial, ada beberapa hal yang perlu dipahami, berikut ini adalah beberapa macam etika yang perlu diperhatikan saat berkomunikasi di media sosial:
  1. Selalu perhatikan penggunaan kalimat
  2. Berhati-hati saat menggunakan huruf
  3. Perhatikan pemilihan warna huruf
  4. Pemilihan simbol dan ikon yang tepat
  5. Menggunakan bahasa yang sesuai
  6. Memberikan respon dengan segera
  7. Memberikan informasi yang memiliki referensi jelas
  8. Tidak memancing pertentangan

Contoh Media Sosial yang dimaksud antara lain :
  • Facebook
  • Twitter
  • Instragram
  • Linkedln
  • Flickr
  • Path
  • Whatsapp
  • Telegram
  • dll.





- - - 
1. Selalu perhatikan penggunaan kalimat
Penggunaan kalimat merupakan bagian yang penting saat berkomunikasi menggunakan media sosial. Kalimat-kalimat dengan susunan yang tepat, disertai tanda baca yang tepat juga merupakan salah satu bagian yang penting supaya etika komunikasi bisa dijaga dengan baik. Hindari menggunakan kalimat-kalimat yang tidak utuh. Kalimat yang tidak utuh bisa memicu timbulnya ambiguitas sehingga bisa menjadi sumber dari kesalahpahaman.

2. Berhati-hati saat menggunakan huruf
Menggunakan huruf dengan benar juga menjadi bagian dari etika komunikasi di media sosial. Mudahnya, selalu gunakan huruf yang wajar. Menulis sesuatu di media sosial dengan menggunakan huruf kapital semua bisa memberikan kesan marah, kecewa dan menantang.
Sebaliknya, menggunakan huruf yang cenderung kecil semua akan menandakan seseorang terlalu abai dan tidak serius mengenai informasi yang sedang akan ia bagikan. Oleh karenanya, penggunaan huruf yang sesuai dan wajar bisa menunjang etika yang baik saat berkomunikasi.

3. Perhatikan pemilihan warna huruf
Warna huruf juga penting untuk diperhatikan. Beberapa media sosial biasanya memberikan fitur ini untuk menambah keragaman dari jenis tulisan yang akan diberikan seseorang. Menggunakan warna huruf merah dengan tulisan yang tebal bisa memiliki kesan menantang dan marah. Persepsi orang yang berbeda-beda ini menjadi alasan mengapa penulisan huruf dengan warna yang standar menjadi penting.

4. Pemilihan simbol dan ikon yang tepat
Dalam media sosial, banyak sekali simbol dan ikon yang seringkali disertakan dalam sebuah informasi atau tulisan. Ada dikenal simbol emoji atau sticker dan lain sebagainya. Manakala akan menggunakan simbol tersebut, pastikan simbol yang digunakan juga tepat.
Menggunakan simbol wajah cemberut pada tulisan juga akan membangun persepsi orang dengan kuat. Oleh karena itu, berhati-hati dalam menggunakan simbol dan ikon adalah penting. Bila perlu, justru hindari menggunakan simbol atau ikon sehingga tulisan dan informasi yang kita buat lebih bersifat netral.

5. Menggunakan bahasa yang sesuai
Bahasa yang sesuai di sini adalah menunjukkan bagaimana tata krama kita saat berkomunikasi dengan orang lain. Perhatikan dengan siapa kita berbicara. Jangan sampai keluar bahasa-bahasa yang kurang sopan pada orang tertentu sehingga etika dalam komunikasi ini menjadi hilang. Pastikan ini juga menjadi salah satu hal yang diperhatikan saat menggunakan media sosial.

6. Memberikan respon dengan segera
Saat dihubungi melalui media sosial, pastikan kita juga memberikan respon dengan segera. Menunda-nunda untuk memberikan respon atau bahkan mengabaikannya akan memberikan kesan yang jelek. Apalagi sekarang ini banyak sekali media sosial yang juga sudah melengkapi fitur pemberitahuan bahwa pesan yang disampaikan sudah dibaca oleh penerima pesan.

7. Memberikan informasi yang memiliki referensi jelas
Ini adalah poin paling penting dari hampir semua poin yang membahas mengenai etika dalam menggunakan komunikasi media sosial. Informasi yang disebarkan tanpa referensi yang jelas akan menimbulkan efek berantai terhadap setiap orang.
Hal ini bisa mengundang kesimpang-siuran berita yang tentu saja sangat tidak diharapkan. Istilah yang mungkin kita kenal saat ini adalah berita hoax. Bahkan, hal ini bisa diperkarakan pula di hukum bila penyebaran informasi palsu tersebut memang disengaja.

8. Tidak memancing pertentangan
Terakhir, hindari melakukan komunikasi yang memancing pertentangan melalui media sosial. Mengingat persepsi orang yang berbeda terhadap paparan informasi, maka kita juga harus memperhatikan hal ini supaya terhindar dampak negatif dari media sosial.


- - - - -
Itulah beberapa macam etika yang perlu kita perhatikan. Jangan sampai media sosial yang fungsinya membantu setiap orang untuk saling terhubung justru memicu permasalahan akibat etika yang tidak diperhatikan. Dengan menggunakan komunikasi yang tepat, maka kita bisa memanfaatkan media sosial dengan lebih baik. Masih ada banyak lagi sebenarnya etika yang perlu diperhatikan, namun setidaknya beberapa poin tadi bisa menjadi etika komunikasi di media sosial yang paling dasar yang bisa mulai kita terapkan.



- - - - -
Sumber : 



Share:

33 komentar:

Unknown mengatakan...

mantap

Anonim mengatakan...

sangat bagus, dan bermanfaat

Anonim mengatakan...

penjelasannya cukup jelas dan mudah di mengerti.

Anonim mengatakan...

Faris Fardan Al Mujadid - 12 RPL 2
sangat bermanfaat dan menambah wawasan

Anonim mengatakan...

eki - RPL
Etika berrkomunikasi di media sosial diantaranya :
1. jangan memposting yang bermakna ganda
2. perhatikan dengan teliti kalimat postingan

Anonim mengatakan...

Tias Aripana - 12 RPL 2
penjalasanya sangat bangus dan mudah di pahami

Anonim mengatakan...

Nama: dede kurniawati kelas 12 rpl 2

penjelasaanya sangat detail, bermanfaat dan mudah di pahami dan di pelajari

Anonim mengatakan...

Faris Fardan Al Mujadid - 12 RPL 2
etika berkomunikasi di media sosial diantaranya:
1. memberikan respon dengan segera
2. menggunakan bahasa yang sesuai
terima kasih

Anonim mengatakan...

Doni Rifaldi - 12 RPL 2

Etika berrkomunikasi di media sosial diantaranya:
-Memberikan respon dengan segera
-Tidak memancing pertentangan

Anonim mengatakan...

ayu khoerunisa - 12RPL2
pentinganya etika berkomukasi yaitu untuk menerapkan saling menghormati,sopan santun,tata krama,dll agar tidak memicu permasalahan akibat etika yang tidak diterapkan.

Anonim mengatakan...

Dita Hermayanti 12 rpl 2
- Ketika menggunakan sosial media harus menggunakan etika yg baik dan digunakan sebaik mungkin
- Selalu berhati-hati dalam penggunaan kalimat

Anonim mengatakan...

Sintiya Meilawati - 12 RPL 2

Etika didefenisikan sebagai kepercayaan individu tentang apakah keputusan, perilaku, atau tindakan tertentu benar atau salah. Karena itu apa yang menentukan perilaku etis berbeda bagi satu orang dengan yang lainnya.

Penjelasannya sangat bagus dan jelas

Anonim mengatakan...

Ani susilo 12 RPL 2
etika berkomunikasi media sosial membuat kita agar lebih berhati hati saat akan memposting sesuatu, tidak boleh ada kata kata kasar.

Anonim mengatakan...

Mira Yunisa - 12 RPL 2
Etika berkomunikasi dalam media sosial itu sangat penting,karena kita bertemu banyak orang di media sosial jadi kita harus memiliki etika.diantaranya etika yang harus di terapkan dalam bersosial media agar tidak memicu permasalahan adalah:
1.Selalu perhatikan penggunaan kalimat
2.Berhati-hati saat menggunakan huruf
3.Perhatikan pemilihan warna huruf
4.Pemilihan simbol dan ikon yang tepat
5.Menggunakan bahasa yang sesuai
6Memberikan respon dengan segera
7.Memberikan informasi yang memiliki referensi jelas
8.Tidak memancing pertentangan

Anonim mengatakan...

ledistiani NP - 12 RPL 2
susi susanti - 12 RPL 2

Ada beberapa etika berkomunikasi di media sosial
1. selalu perhatikan penggunaan kalimat
2. berhati hati menggunakan huruf
3. perhatikan pemilihan warna huruf
4. pemilihan simbol dan ikon yang tepat
5. menggunakan bahasa yang sesuai

Anonim mengatakan...

nabila azahra - 12 RPL 2
teti nurhaeti - 12 RPL 2

Etika berkomunikasi yang baik dalam media sosial adalah jangan menggunakan kata kata yang kasar dan provokatif. Dengan adanya etika berkomunikasi dimedia sosial diharapkan timbul rasa tanggung jawab dan bijak dalam menggunakan jejaring sosial.

Anonim mengatakan...

Lingga Fajar Ilham - 12 RPL 2

Etika berrkomunikasi di media sosial diantaranya:
1. Pemilihan simbol dan ikon yang tepat
2. Berhati-hati saat menggunakan huruf

Anonim mengatakan...

Dewi fatmawati 12 RPL 2
1. Dalam berkomunikasi di media sosial harus waspada karena akan meninggalkan jejak digital
2. Berhati hati saat menggunakan huruf

Anonim mengatakan...

lia kamelia 12 Rpl 2
fitri noviani 12 Rpl 2

Penjelasan mengenai etika komunikasi di media sosial ini memiliki fungsi membantu setiap orang untuk saling terhubung menggunakan komunikasi yg tepat. adapun beberapa etika yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi. salah satunya selalu memperhatikan penggunaan kalimat dan menggunakan bahasa yang sesuai.

Anonim mengatakan...

Elis 12 RPL 2
Maulida 12 RPL 2
Endang 12 RPL 2
Asep Deni 12 RPL 2

setelah saya amati materi di atas saya menyimpulkan bahwa kita harus memperhatikan etika di media sosial agar tidak menyalahgunakannya.

Anonim mengatakan...

Yollandha dela agista 12 RPL 2
nisya nur sifa 12 RPL 2

etika yang perlu diperhatikan saat berkomunikasi di media sosial yaitu:
1.memberikan respon dengan segera
2.berhati-hati saat menggunakan huruf

Anonim mengatakan...

M.Fuad Arrojji - 12 RPL 2

etika berkomunikasi di media sosial diantaranya:
1.Berhati-hati saat menggunakan huruf.
2.Selalu memperhatikan penggunaan kalimat.
Pengguna media sosial harus paham dengan etika bermedia sosial agar tidak menyalahgunakan platform tersebut.

Anonim mengatakan...

Neng wulan 12 RPL 2

-Ketik menggunakan media sosial harus memperhatikan bahasa yang sesuai dan berhati hati dalam penggunaan kalimat agar tidak memancing pertentangan.

Anonim mengatakan...

Ina karlina 12 RPL 2
Siti Rina 12 RPL 2

Etika berkomunikasi di media sosial sangat bermanfaat bagi masyarakat luas supaya tidak terjadi pertentangan dan terhindar dari dampak negatif media sosial.

Anonim mengatakan...

Rita Rini Kurniasih - 12 RPL 2
Penjelasan tersebuh membantu kita supaya memperhatikan etika dan berhati-hati dalam menggunakan media sosial agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan

Anonim mengatakan...

Maulida 12 RPL 2
setelah saya amati materi di atas saya menyimpulkan bahwa kita harus memperhatikan etika di media sosial agar tidak menyalahgunakannya.

Anonim mengatakan...

Elis 12 RPL 2
setelah saya amati materi di atas saya menyimpulkan bahwa kita harus memperhatikan etika di media sosial agar tidak menyalahgunakannya.

Anonim mengatakan...

Pipit Nurseptiani & Agustin Anggi 12 Rpl 2
kesimpulan etika berkomunikasi sosial media:
1.jangan menunda - nunda memberikan respon yang jelek
2.Memberikan bahasa yang sopan
3.Jangan menimbulkan ambiguitas
4.Memberikan informasi yang baik

Anonim mengatakan...

Dita Hermayanti 12 RPL 2

Mengapa kita harus menjaga etika dalam bermedia sosial?

Anonim mengatakan...

Dewi Fatmawati 12 RPL 2
Menjawab pertanyaan dari Dita : Karena apa yang kita lakukan di media sosial berdampak pada diri kita sendiri.

Anonim mengatakan...

Rafli Hidayat-12 RPL 2

etika berkomunikasi sangat penting kita pahami supaya kita tidak terjadi kesalah pahaman dan selalu perhatikan penggunaan kalimat supaya tidak terjadi hal yang tidak mengenakan.

Anonim mengatakan...

Ai Sri Mulyani 12 Rpl 2

Kenapa etika berkomunikasi dalam media sosial itu sangat penting?

Anonim mengatakan...

Nama: Dede Kurniawati 12 rpl 2

menjawab pertanyaan dari ai sri: karena kita bertemu banyak orang di media sosial jadi kita harus memiliki etika dan berhati hati

Profil SMKN 11 Garut (2023)

AJAP - - - - IID - KIJB 2023

<<= Kualitas Inovasi AJAP =>>
<<= Aplikasi Jadwal Pelajaran =>>

Masker Kain Anti Virus - IID 2022

<<= Masker Kain Anti Virus =>>

Aplikasi Bel Sekolah - IID 2022 | KIJB 2022

<<= Aplikasi Bel Sekolah =>>

Aplikasi Bel Sekolah - IID 2022 | KIJB 2022

<<= Aplikasi Bel Sekolah =>>

Membuat Iklan Layanan Masyarakat


<<= Membuat Iklan Layanan Masyarakat =>>

Postingan Populer

Label

Arsip Blog

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Recent Posts